Notification

×

Iklan

Iklan

Program PMM UMM Tumbuhkan Jiwa Personal Hygiene Anak TK Dharma Wanita Persatuan 07 Mulyorejo

Sabtu, 24 Agustus 2024 | Agustus 24, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-24T10:53:56Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik

(Foto/Istimewa)

Tamiang-News.com, MALANG
- Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang merupakan suatu agenda yang wajib dilakukan bagi semua mahasiswa yang sedang aktif di universitas tersebut. 


Kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh kelompok 50 gelombang 2 berjudul “Menumbuhkan Jiwa Personal Hygiene pada Anak TK Dharma Wanita Persatuan 07 Mulyorejo” yang dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2024. 


Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).


Anggota kelompok tersebut terdiri dari Neysa Amelia Clarinta, Nabilah Ichtihani Waluyo, Sri Wahyuni, Najwa Najiha Apriyani, Iftakhi Novi Nuraini. Kami dari Program Studi Farmasi  Universitas Muhammadiyah Malang serta dibimbing oleh M. Zul Mazwan, S.P., M.Sc selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).


Personal Hygiene adalah praktik menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri melalui berbagai kegiatan rutin yang bertujuan untuk mencegah penyakit dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. 


Kebersihan diri merupakan aspek penting dalam pembentukan karakter dan kesehatan anak sejak usia dini. Di TK Dharma Wanita Persatuan 07 Mulyorejo, upaya untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya kebersihan diri dikombinasikan dengan kegiatan yang dapat mengasah kreativitas anak-anak. 


Masa kanak-kanak adalah periode kritis dalam pembentukan kebiasaan, termasuk kebiasaan menjaga kebersihan diri. Di lingkungan sekolah, khususnya di TK Dharma Wanita Persatuan 07 Mulyorejo, pendidikan tentang kebersihan diri perlu dikemas dengan cara yang menarik agar anak-anak dapat belajar sambil bermain. 


Pendekatan ini diharapkan tidak hanya menanamkan kesadaran akan pentingnya kebersihan diri tetapi juga mengembangkan kemampuan motorik halus, kreativitas.


Kebersihan adalah aspek penting dalam menjaga kesehatan anak-anak, terutama di usia taman kanak-kanak (TK). Pada tahap ini, anak-anak sedang dalam fase eksplorasi di mana mereka sering kali menyentuh berbagai benda dan bermain di lingkungan mungkin tidak selalu bersih seperti banyaknya sampah yang biasanya berserakan disekitar lingkungan kita. 


Maka kami mengajarkan dan menerapkan kebiasaan mencuci tangan yang baik serta membuang sampah di tempahnya pada anak-anak di TK Dharma Wanita persatuan 07 Mulyorejo untuk mencegah penyebaran penyakit dan infeksi, meningkatkan kebiasaan hidup sehat, mengurangi penyebaran kuman di lingkungan sekolah.

       

Kami mengajarkan kreativitas pada anak untuk menghasilkan ide dan imajinatif pada anak-anak di TK Dharma Wanita Persatuan 07 Mulyorejo melalui berbagai bentuk permainan dan aktivitas. 


Pada usia ini, anak-anak berada dalam fase eksplorasi yang sangat penting untuk perkembangan kreatif mereka. Aktivitas seni seperti mewarnai serta melukis botol bekas untuk dijadikan tempat pensil memungkinkan anak untuk mengekspresikan ide dan perasaan mereka secara visual. 


Mengasah motorik halus pada anak dapat dilakukan dengan memberikan berbagai aktivitas yang merangsang koordinasi dan kekuatan otot-otot kecil pada tangan dan jari. Kami mengajarkan pada anak-anak di TK Dharma Wanita Persatuan 07 Mulyorejo cara menggunting, melipat serta menempel kertas origami menjadi bentuk-bentuk sederhana dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengontrol dan mengoordinasikan gerakan tangan dan jari.

    

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam bentuk peningkatan kebersihan diri dan kreativitas anak-anak di TK Dharma Wanita Persatuan 07 Mulyorejo.[] 

×
Berita Terbaru Update