Notification

×

Iklan

Iklan

Senyum adalah Sedekah

Sabtu, 20 Juli 2024 | Juli 20, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-20T09:34:36Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik

(Foto/Ilustrasi)

Senyum merupakan bentuk ekspresi yang lahir dari seseorang mencerminkan hatinya sedang mengalami kegembiraan dan  ketenangan sehingga mampu mengekspresikan dalam bentuk senyum diwajahnya. Indahnya kehidupan walaupun hanya kehidupan sementara, namun mempunyai banyak cerita dan kisah-kisah di seputar kehidupan ini, entah itu peristiwa yang menyenangkan, mengharukan atau yang lainnya. 


Dengan senyuman dapat dipastikan seseorang sedang dalam keadaan senang. Baik senang karena rasa syukur atau senang karena bisa menikmati segala keindahan yang ada di kehidupan. 


Senyum juga tergolong sebagai sedekah, apabila kita bertemu dengan orang lain atau di hadapan saudara kita maka tersenyumlah, karena dengan begitu berarti kita sudah melakukan suatu amalan yang bernilai sedekah paling ringan yang diperhitungkan oleh Allah SWT sehingga menambah pahala kita. 


Sebagaimana sabda Rasulullah SAW


تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةُ 

“Di  depan saudaramu adalah sedekah bagimu” (Sahih, HR Tirmidzi no 1956).


Dengan tersenyum maka secara tidak langsung mendorong kita untuk berperilaku sopan dan santun kepada siapapun tanpa kemudian harus melihat strata sosial, agama ataupun dari orang yang kita ajak untuk tersenyum. Berbuat baiklah kepada siapapun tanpa harus mengharapkan imbalan berupa pujian yang mengarahkan kepada dirinya. 


Karena dengan banyaknya pujian yang mengarahkan kepada dirinya membuat orang tersebut menjadi sombong. Dalam keterangan hadits di atas menerangkan bahwa senyum dalam berbagai riwayat juga sudah menjadi kebiasaan sehari-hari Nabi Muhammad SAW. Hal itu beliau lakukan, karena senyuman bisa membuat orang lain yang melihatnya menjadi lebih bahagia.[]


Penulis :

Siti Raudatul Ulmiya, mahasiswa STITMA, email : ulmiya.r12@gmail.com

×
Berita Terbaru Update