Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Kompetensi Sosial dalam Meningkatkan Hubungan Guru dan Orang Tua

Minggu, 21 Juli 2024 | Juli 21, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-21T12:43:05Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik

(Foto/Ilustrasi)

Hubungan antara guru dan orang tua adalah salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan. Dalam konteks hubungan guru dan orang tua, kompetensi sosial membantu menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan anak. Kolabarasi yang baik antara kedua belah pihak dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan perkembangan anak yang baik pula.


Manfaat kompetensi sosial dalam hubungan guru dan orang tua


Salah satu faktor kunci yang dapat mendukung hubungan antara guru dan orang tua adalah kompetensi sosial, terdapat beberapa manfaat kompetensi sosial dalam hubungan guru dan orang tua yaitu sebagai berikut :


1. Membangun kepercayaan

Kepercayaan merupakan aspek penting dalam sebuah hubungan, apabila seorang guru dan orang tua mempunyai dasar kepercayaan yang baik satu sama lain maka itu dapat menciptakan lingkungan yang dapat mendukung perkembangan anak.


2. Menciptakan lingkungan yang positif

Lingkungan pembelajaran yang positif dapat mendukung pembelajaran dan perkembangan anak. Kompetensi sosial anatara guru dan orang tua dapat membuat lingkungan menjadi harmonis dan dapat bekerjasama dengan orang tua sehingga semua pihak dapat berkontribusi dan saling mengahargai.


3. Meningkatkan komunikasi yang efektif

Kompetensi sosial memungkinkan seorang guru berkomunikasi secara jelas dan efektif. Komunikasi yang terjalin baik dapat membantu guru dan orang tua memahami harapannya masing-masing serta dapat bekerjasama dalam perkembangan anak.


Cara untuk meningkatkan kompetensi sosial


Berikut beberapa cara untuk meningkatkan kompetensi sosial dalam hubungan antara guru dan orang tua :


1. Keterlibatan orang tua

Memberitahu orang tua terhadap perkembangan anak, mengadakan pertemuan atau kegiatan yang melibatkan orang tua secara aktif.


2. Pelatihan dan perkembangan

Diadakan nya pelatihan dapat mengasah keterampilan sosial guru dalam berkomunikasi.


Komunikasi anatara orang tua dan guru sangat penting dalam perkembangan proses pembelajaran anak, maka dari itu kompetensi sosial seorang guru juga menjadi dasar penting dalam menjalin komunikasi tersebut.[]


Penulis :

Adya Rafani Prima, Mahasiswi STITMA Yogyakarta, email : adyarafaniprima80@gmail.com

×
Berita Terbaru Update