Notification

×

Iklan

Iklan

Manfaat Sedekah dalam Islam

Sabtu, 20 Juli 2024 | Juli 20, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-20T09:56:13Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik

(Foto/Ilustrasi)

Sedekah adalah salah satu konsep penting dalam Islam yang memiliki banyak makna dan nilai. Secara umum, sedekah dapat diartikan sebagai tindakan memberikan harta atau bantuan kepada orang yang membutuhkan, tanpa mengharapkan imbalan atau balasan dari penerima. Sedekah merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat Muslim yang mampu.


Sedekah atau bersedekah adalah salah satu ajaran penting dalam agama Islam. Dalam Islam, sedekah dianggap sebagai kewajiban bagi setiap orang yang mampu untuk membantu sesama yang membutuhkan. Konsep sedekah ini sangat penting dalam memperkuat ikatan sosial dan persaudaraan antara sesama umat muslim. Kewajiban sedekah dalam Islam diatur secara jelas dalam Al-Quran dan hadis. 


Seperti firman Allah di dalam Al-Qur’an yaitu :


 يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَنْفِقُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّآ اَخْرَجْنَا لَكُمْ مِّنَ الْاَرْضِ ۗ وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيْثَ مِنْهُ تُنْفِقُوْنَ وَلَسْتُمْ بِاٰخِذِيْهِ اِلَّآ اَنْ تُغْمِضُوْا فِيْهِ ۗ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ ٢٦٧


Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untukmu. Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu infakkan, padahal kamu tidak mau mengambilnya, kecuali dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Ketahuilah bahwa Allah Mahakaya lagi Maha Terpuji.” 


Sedekah adalah sebuah perbuatan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Tidak hanya sebagai bentuk kebaikan dan kepedulian sosial, tetapi juga sebagai sebuah ibadah yang memiliki keutamaan yang sangat besar di mata Allah SWT. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Dan apa saja yang kamu infakkan, niscaya Allah akan menggantinya; dan Allah Maha Pemberi rezeki yang melimpah ruah.” (QS. Saba: 39) 


Keutamaan sedekah dalam Islam sangatlah banyak. Beberapa diantaranya adalah: 1) Mendapat keberkahan dari Allah; 2) Menyelamatkan dari azab neraka; 3) Membersihkan harta. Diantara keutamaan yang sudah disebutkan semoga para pembaca bisa lebih semangat untuk bersedekah yaa.[]


Penulis :

Nayaka Nafisa Ahmad, Mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, email : nayakanafisa07@gmail.com 

×
Berita Terbaru Update