Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa dan Organisasi Kampus

Minggu, 07 Juli 2024 | Juli 07, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-07T04:01:45Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik

Bagas Maulana (Foto/Ist)

Universitas itu merupakan tempat untuk mencari ilmu dalam tingkatan yang lebih tinggi. Berbeda pada saat  masa Aliyah,di perkuliahan kita dituntut untuk menjadi mahasiswa yang intelektual dan di dambakan. Mahasiswa juga di tuntut untuk memiliki kemampuan atau skill guna menghasilkan suatu inovasi bahkan perubahan pada suatu masyarakat negara dan bangsa.


Kampus adalah tempat dimana mahasiswa tidak hanya menimba ilmu, tetapi juga berpotensi menjadi bagian dari perubahan dan kemajuan masyarakat. Kehidupan di dalam kampus mahasiswa hanya seputar di kelas lalu pulang atau bertemu teman dan mengobrol. Apakah itu cukup? Tentu saja tidak. Jika hanya seperti itu mahasiswa tidak akan menjadi seseorang  yang  hebat  kelak. 


Mahasiswa merupakan asset masa depan bangsa, karena merekalah yang paling berpeluang untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, dimana keduanya menjadi alat penyelesai utama masalah dalam kehidupan berbangsa masa kini dan masa mendatang.


Mahasiswa juga sebagai kelompok yang memiliki peluang untuk mengembangkan idealismenya, sikap idealisme itu akan dapat berkembang dengan subur pada jiwa semangat mahasiswa. Mereka juga harus berprestasi dan berorganisasi untuk menunjang karirnya. 


Dua hal itu  kadang diperdebatkan mana yang lebih penting.Seorang mahasiswa selain di tuntut untuk memiliki  kemampuan di bidang akademis juga harus memiliki kemampuan dibidang non akademis seperti berorganisasi.


Salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan kampus adalah organisasi. Maka, seberapa penting berorganisasi di kampus? Organisasi merupakan tempat berkumpulnya dua orang atau lebih dengan tujuan yang sama dan terstruktur. 


Dengan berorganisasi, mahasiswa didorong untuk mengubah pola pikir, bertemu dengan orang-orang yang memiliki pengalaman, belajar mengeksplor kemampuan hardskill dan softskill, serta banyak lagi hal-hal yang didapat ketika mengikuti organisasi. 


Berorganisasi juga membuat mahasiswa lebih mengenal dunia kampus  lebih luas. Mahasiswa yang mengikuti organisasi bisa memiliki pemahaman bahwa organisasi merupakan wadah dalam upaya membangun value  pada diri sendiri.


pada dasarnya organisasi adalah sebuah wadah yang terdiri dari beberapa orang yang mempunyai tujuan visi dan misi yang sama dalam melakukan perubahan terhadap apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya.


Dengan bergabung dan aktif dalam organisasi, maka akan berefek kepada  wawasan, cara berpikir, pengetahuan, dan sebagainya. Namun, ada juga mahasiswa yang tidak mengikuti organisasi dengan alasan takut Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) turun drastis, terlambat lulus, dan lain sebagainya. 


Ketakutan yang disebabkan karena mereka belum mengetahui dan mengikuti organisasi membuat mahasiswa menjadi malas bahkan tidak tertarik untuk mengikuti sebuah organisasi.


Namun dibalik itu semua mengikuti organisasi dapat mengajarkan kita untuk menjadi mahasiswa yang aktif kreatif dan inovatif serta mampu public speaking dengan orang lain, dan banyak menambah ilmu dari berbagai pengalaman dengan saling tukar pikiran satu sama lain, tidak hanya organisasi internal kampus, tetapi eksternal kampus.


Organisasi juga mengajarkan kita untuk memahami kebijakan yang tidak sesuai dengan visi misi itu harus dilawan, organisasi juga mengajarkan kita untuk seutuhnya menjalani semuanya dengan sepenuh hati tanpa mengharapkan suatu imbalan apapun dengan organisasi maka mahasiswa itu akan menjadi mahasiswa yang berintegritas dan berorganisasi juga akan menjadi suatu pengalaman selama masa perkuliahan. 


Mahasiswa yang berpartisipasi dalam organisasi kampus memiliki manfaat yang signifikan bagi perkembangan diri mahasiswa selain itu juga dapat membantu mahasiswa menjadi lebih eksis dalam meningkatkan keterampilan serta memperluas jaringan sosial. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan organisasi di kampus mereka dapat mengembangkan potensi pola pikir dan kepribadiannya Mahasiswa juga dapat meningkatkan keterampilan yang dimiliki dan bisa mengarahkan teman-teman lainnya.


Berorganisasi Di kampus juga akan memberikan ruang untuk mahasiswa tersebut agar dapat berkreasi dan beraktivitas secara lebih luas serta dapat mengembangkan pada dirinya untuk belajar menjadi pemimpin yang menggabungkan antara skill dan hard skill nya.


Perlu juga bagi mahasiswa kiranya dalam masa-masa perkuliahan mengorganisir diri kedalam kerja-kerja organisasi. Agar kelak mampu menjadi pemimpin-pemimpin yang matang untuk menggantikan generasi pemimpin sekarang yang mulai dimakan zaman.[]


Penulis :

Bagas Maulana, Mahasiswa Program Studi S1 Ekonomi Syariah Universitas Pamulang, email : bagasmlna18@gmail.com

×
Berita Terbaru Update