Notification

×

Iklan

Iklan

Budidaya Lele dalam Membangun UMKM

Selasa, 18 Juni 2024 | Juni 18, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-18T04:18:18Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik

Rama Hafizh Armansyah (foto/Ist)

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) adalah jenis perusahaan di Indonesia yang dimiliki oleh perorangan maupun badan usaha. Peluang budidaya ternak ikan lele merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan di bidang perikanan, Dapat dilihat dari perkembangan produksi konsumsi ikan lele di Indonesia yang terus meningkat di setiap tahunnya dalam membangun UMKM.


Di Indonesia sendiri Popularitas bisnis ternak ikan lele semakin tinggi dari waktu ke waktu karena permintaan pasar yang terus meningkat, dikarenakan ternak ikan lele memang menguntungkan dan mudah untuk terjual. Artinya, peluang terbuka sangat besar bagi para Pembudidaya ikan lele baru.


Usaha ternak lele memiliki berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan usaha di bidang perikanan lainnya, sehingga bisnis ini bisa menjadi salah satu alternatif usaha yang diminati oleh masyarakat untuk membangun UMKM. Adapun beberapa kelebihan dari beternak lele diantaranya sebagai berikut


Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang sangat populer di kalangan masyarakat, baik untuk konsumsi rumah tangga maupun keperluan industri. Tingginya permintaan ini tentunya menciptakan peluang besar bagi para peternak untuk meraih keuntungan yang signifikan.


Berikutnya keunggulan ikan lele dibandingkan dengan jenis ikan lainnya adalah pertumbuhannya yang cepat. Hanya dalam waktu sekitar 3 hingga 4 bulan, lele dapat mencapai ukuran yang ideal untuk dipanen dan siap dijual.


Keuntungan berikutnya, Usaha ternak ikan lele dapat dilakukan di berbagai lokasi, baik di lahan besar maupun kecil seperti kolam terpal. Hal ini memungkinkan para peternak untuk menyesuaikan usaha mereka dengan kondisi dan lokasi.


Adapun kesalahan dalam budidaya ikan lele yang menyebabkan gagal yang berujung kerugian bagi para usaha peternak ikan lele baru, Tidak banyak pengusaha pemula dalam budidaya lele yang menyadari bahwa lokasi kolam memiliki dampak signifikan terhadap pertumbuhan ikan lele. Meskipun terlihat sepele, kerugian bisa sangat besar jika survei lokasi tidak dilakukan dengan benar. 


Selain kolam, pemilihan benih lele juga sangat berpengaruh terhadap hasil akhir. Semakin baik kualitas benih lele, semakin tinggi pula persentase keberhasilan. Sebaliknya, benih ikan lele yang buruk hanya akan menyebabkan peningkatan risiko kegagalan budidaya ternak lele.


Penyebab lain kegagalan dalam budidaya lele adalah kesalahan dalam pemberian pakan. Sedikit kesalahan pada tahap pembesaran bisa berdampak besar dan menyebabkan kerugian. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberi pakan lele sesuai dengan jadwal yang tepat. Jika lele jarang diberi makan, kesehatan lele akan terganggu dan dapat meningkatkan risiko kematian.


Berikutnya Kesalahan umum yang sering dilakukan pemula dalam budidaya lele tidak memisahkan lele besar dan kecil. Hal ini berisiko menyebabkan lele yang lebih kecil dimakan oleh yang lebih besar, karena lele memiliki sifat kanibal.


Budidaya ikan lele akhir-akhir ini telah menjadi sorotan oleh masyarakat karena penghasilan yang cukup menguntungkan dan perawatan yang cukup mudah. Apalagi ikan lele dapat diolah beraneka ragam yang dapat dipasarkan. Contohnya seperti pecel lele, termasuk makanan favorit bagi setiap kalangan, Karna ikan lele memiliki banyak manfaat di dalamnya.


Usaha rumah makan pecel lele telah menjamur dan hampir dapat ditemui di setiap sudut Kota, mulai dari pinggir jalan, dekat Perkantoran hingga daerah sekitar kampung. Modal yang dibutuhkan dalam membangun usaha pecel lele terbilang cukup sedikit jika dibandingkan dengan usaha jenis lainnya.


Dengan modal yang sedikit, usaha rumah makan pecel lele Mampu mendatangkan omzet mencapai 20 juta hingga lebih dari 30 juta rupiah per bulan, yang dimana angka tersebut mempengaruhi pendapatan UMKM.


Harapan kedepannya ternak budidaya ikan lele terus meningkat dan berkembang sekaligus menjadi sumber Pendapatan masyarakat yang lebih baik dalam membangun UMKM, dan ternak budidaya ikan lele tidak lagi dianggap sebelah mata oleh masyarakat tetapi menjadi sumber lapangan pekerjaan bagi masyarakat menengah kebawah.


Budidaya ikan lele menjadi usaha yang menjanjikan dan menguntungkan jika bijak dalam mengelolanya dan menjadi bisnis yang membantu UMKM.[]


Penulis :

Rama Hafizh Armansyah, mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Pamulang, email : armansyahh2101@gmail.com

×
Berita Terbaru Update