Notification

×

Iklan

Iklan

Maraknya Narkoba di Kalangan Gen Z

Senin, 01 Januari 2024 | Januari 01, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-01T04:09:30Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik

Putra Riandy Rizki Ramadhan Divanza (Foto : IST)

Penyalahgunaan narkoba di kalangan Gen Z merupakan masalah besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia.Generasi Z adalah generasi yang lahir pada periode 1997-2012. Generasi ini merupakan generasi yang paling banyak menggunakan media sosial dan internet. Hal ini membuat generasi Z lebih rentan terhadap pengaruh negative dari media sosial dan internet, termasuk pengaruh untuk menggunakan narkoba. 


Generasi muda sebagai penerus bangsa diharapkan mampu memajukan bangsa melalui kecerdasan dan prestasinya. Namun, saat ini banyak generasi muda kita yang secara perlahan digerogoti oleh zat adiktif tersebut. Hal ini menyebabkan dampak yang besar bagi generasi muda saat ini, citra generasi muda yang dikenal cerdas dan berprestasi akan luntur akibat kontribusi zat adiktif yang dapat merusak syaraf yang menyebabkan generasi muda tidak dapat berpikir jernih.


Penyalahgunaan narkoba pada Gen Z dapat menyebabkan perubahan sikap, dan kepribadian pada Gen Z. Selain itu, emosi Gen Z yang tidak terkendali seperti mudah marah dan depresi juga dapat terjadi akibat penyalahgunaan narkoba.


@IKLAN_2023


Meningkatnya kasus penyalahgunaan narkoba di kalangan Gen Z tentunya disebabkan oleh beberapa faktor pendukung seperti rasa ingin tahu yang besar, tren, dan lingkungan. Lingkungan yang bersahabat adalah salah satu faktor terpenting yang mendorong penggunaan narkoba di kalangan Gen Z. Mungkin dengan bujukan teman, banyak orang yang memulainya dengan coba-coba hingga akhirnya ketagihan. 


Kurangnya pendidikan tentang bahaya narkoba di kalangan Gen Z juga dapat menyebabkan meningkatnya penyalahgunaan narkoba. Edukasi terhadap Gen Z juga sangat amatlah penting untuk terhindar dari penyalahgunaan narkoba.


Publik figure juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan meningkatnya penyalahgunaan narkoba di kalangan Gen Z. Karena public figure menjadi panutan bagi Gen Z. Maka dari itu, pentingnya edukasi terhadap Gen Z tentang penyalah gunaan narkoba harus di tegaskan lagi.


Gen Z harus menanamkan pola pikir positif agar tidak meniru keburukan public figure. Hal tersebut sangat penting untuk mencegah penyalahgunaan narkoba. Karena dengan mengkonsumsi narkoba akan merugikan diri sendiri bahkan orang lain.


Faktor lain adalah lingkungan keluarga. Lingkungan keluarga Juga bisa Menyebabkan Gen Z terjerumus penyalahgunaan narkoba. Biasanya mereka mengkonsumsi narkoba disebabkan karena masalah yang terjadi di lingkungan keluarga. Gen Z mengkonsumsi narkoba agar bisa menenangkan pikiran mereka.


Mengkonsumsi narkoba tidak menyelesaikan masalah yang di alami Gen Z. Narkoba tidak bisa menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah. Malah Sebaliknya, Narkoba Akan menghancurkan pola pikir dan kesehatan mental Gen Z. Hal tersebut harus di perhatikan dalam lingkungan keluarga. Pentingya memberikan edukasi terhadap Gen Z di lingkungan Keluarga bisa mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan Gen Z.


Untuk mengatasi masalah ini, perlu adanya upaya pencegahan pencegahan narkoba di kalangan Gen Z. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan edukasi moral dan karakter, edukasi narkoba dan bahaya menyokongnya, peningkatan keterampilan hidup untuk remaja, dan literasi bermedia. 


Selain itu, orang tua juga harus memberikan contoh yang baik kepada anaknya dan memberikan pengetahuan terhadap anak usia dini tentang jenis-jenis narkotika dan bahaya mengkonsumsi narkoba.


Dalam mengatasi masalah penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja, perlu adanya kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan keluarga. Pemerintah dapat memberikan edukasi dan program dampak penyalahgunaan Narkoba di sekolah-sekolah. Masyarakat dapat memberikan dukungan dan pengawasan terhadap lingkungan sekitar agar tidak mudah terpengaruh oleh penyalahgunaan narkoba. Keluarga dapat memberikan perhatian dan pengawasan terhadap anak-anaknya agar tidak terjerumus dalam propaganda narkoba. 


Dengan adanya upaya pencegahan narkoba di kalangan remaja, diharapkan dapat mengurangi jumlah remaja yang terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Hal ini akan membantu menciptakan generasi muda yang cerdas, berprestasi, dan berakhlak mulia untuk memajukan bangsa Indonesia.[]


Pengirim :

Putra Riandy Rizki Ramadhan Divanza, Mahasiswa Universitas Pamulang Jurusan Ilmu Komunikasi, email : putravanza1@gmail.com 

×
Berita Terbaru Update