Notification

×

Iklan

Iklan

Merasa Kecanduan Game Online? Ini loh Dampaknya Bagi Kesehatan Mental

Senin, 18 Desember 2023 | Desember 18, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-18T07:23:03Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik

Foto : ILUSTRASI

Dalam era digital yang berkembang pesat ini, fenomena kecanduan bermain game online semakin menjadi perhatian utama. Seiring dengan meningkatnya aksesibilitas teknologi, banyak individu terperangkap dalam dunia virtual yang adiktif ini. . Memang bermain game itu merupakan hal yang seru dan bisa mengurangi stres, tetapi kalau hal ini sampai berlebihan dan membuat anda kecanduan hingga psikologis anda terganggu, bermain game bukan lagi berfungsi untuk mengurangi stres, tetapi menambah stres pemainnya. Sebelum anda terlanjur kecanduan bermain game online, yuk kita simak artikel berikut ini agar lebih sadar terhadap kesehatan mental agar tidak kecanduan bermain game.


Masalah Ketika Kecanduan Main Game


Di zaman sekarang hampir semua kalangan usia bermain game, genre game yang dimainkan juga beragam seperti RPG (Role Playing Game), Strategy, Action, dll. Perlu di sadari juga bahwa dunia game itu tidak selamanya berdampak baik bagi kesehatan mental pemainnya, ada tipe pemain yang terlalu kompetitif dan sangat mementingkan kemenangan di game yang dia mainkan, ada pemain yang sering toxic (berkata kasar) dan blame (menyalahkan) temannya atas kekalahan atau kesalahan di game yang mereka mainkan, dan masih banyak tipe pemain game yang memiliki sifat buruk seperti contoh di atas. Fungsi dari game itu hanya sebagai hiburan demi melepas jenuh pikiran dan merilekskan diri, bukan untuk menambah beban pikiran.


Pemain game online yang sampai kecanduan mungkin memiliki beberapa permasalahan di hidupnya seperti kesepian, pelarian dari masalah yang sedang di hadapi, dll. Kecanduan main game online telah menjadi permasalahan serius di era digital saat ini. Semakin mudahnya akses ke dunia virtual, membuat banyak individu yang terperangkap dalam siklus tanpa henti bermain game, mengabaikan keseimbangan hidup dan kesehatan mental. Dampaknya tidak hanya terbatas pada produktivitas dan penurunan kesehatan mental, tetapi juga hubungan pemain dengan orang di sekitarnya. Seiring populernya game online, penting untuk menggali lebih dalam dampak negatif kecanduan ini guna mencari solusi yang tepat.


Dampak Negatif Kecanduan Main Game Online Terhadap Psikologis Pemainnya


Jangan mengira kalau kecanduan bermain game online itu tidak ada dampaknya ya! Secara psikologis, banyaknya adegan game online yang memperlihatkan tindakan kriminal dan kekerasan, seperti: perkelahian, perusakan, dan pembunuhan, secara tidak langsung telah memengaruhi alam bawah sadar pemainnya bahwa kehidupan nyata ini adalah layaknya sama seperti di dalam game online tersebut. Ciri- ciri pemain yang mengalami gangguan mental akibat pengaruh game online, yakni mudah marah, emosional, dan mudah mengucapkan kata-kata kotor (Petrides & Furnham, 2000 dalam jurnal Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya). Pikiran dan emosi pemain game online yang kecanduan cenderung terganggu dan tidak stabil karena terus-menerus memikirkan bagaimana caranya memenangkan suatu game yang mereka telah mainkan. Biasanya para pemain game online memiliki role model (karakter yg mereka gemari) lalu mereka tiru baik dari aksinya dari dalam game maupun cara berpakaiannya.


Kecanduan game online dapat menyebabkan produksi dopamine yang berlebihan. Dopamine adalah salah satu senyawa kimia otak yang paling penting untuk mengatur proses motivasi dan keinginan seseorang yang berperan dalam menyampaikan rangsangan ke seluruh tubuh. Jika dopamine meningkat secara berlebihan, itu dapat menyebabkan kecemasan berlebihan, kesenangan berlebihan, insomnia (gangguan tidur), mania (tergila-gila dengan sesuatu), paranoid (takut akan sesuatu), stres, dan ketidakmampuan untuk mengontrol diri sendiri. Oleh karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan kadar dopamin dalam tubuh agar tidak menimbulkan efek negatif. (dr. Nadia Nurotul Fuadah, 2019)


Cara Mengatasi Kecanduan Game Online


Pemain yang kecanduan game online sering tidak menyadari bahwa dirinya itu kecanduan karena sangking asiknya bermain. Kita harus mulai menyadari dampak negatif dari kecanduan game online tersebut dan mengatasinya, berikut adalah tips cara mengatasi kecanduan bermain game online:

1. Buat jadwal bermain game online dan patuhi jadwal tersebut jangan sampai melebihi batas waktu yang telah kita tentukan serta bangun rutinitas sehat.

2. Jauhkan diri dari gadget dan potong/kurangi budget bermain game.

3.Tekuni hobi lain yang lebih menyenangkan dan menguntungkan, contohnya seperti berolahraga agar tubuh dan pikiran lebih segar serta rileks.

4. Hangout atau bersosialisasi dengan orang-orang terdekat seperti teman, keluarga, dan pasangan.

5. Jika kecanduan bermain game sudah parah hingga mengganggu kesehatan mental mulailah lakukan terapi perilaku kognitif jika diperlukan dan konsultasikan hal ini dengan psikolog atau terapis profesional.


Ternyata dampak negatif kecanduan bermain game online ini banyak juga ya, yuk dari sekarang kita mulai sadar dan mengurangi waktu bermain game dan mulai melakukan hal-hal yang positif demi menjaga kesehatan mental kita. Proses mengatasi kecanduan game online ini harus dilakukan secara perlahan atau bertahap. Orang yang kecanduan game online harus memiliki niat untuk berhenti agar usaha yang dilakukan bisa berhasil.[]


Pengirim :

Ihsan Mahesa Putra, Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, email : ihsanmahesaputra@gmail.com 

×
Berita Terbaru Update