Notification

×

Iklan

Iklan

UMKM Tingkatkan Perekonomian Indonesia

Sabtu, 25 November 2023 | November 25, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-25T05:05:35Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik

Foto : ILUSTRASI

Pandemi Covid-19 sampai saat ini belum sepenuhnya usai, pandemi ini telah mengakibatkan roda perekonomian Indonesia melambat. Beragam sektor usaha dan bisnis mengalami kerugian, utamanya saat awal-awal pandemi. Bahkan banyak pula usaha dan bisnis terpaksa tutup karena mengalami kerugian yang sangat besar. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. 


Namun, dalam kesulitan pasti ada peluang atau jalan keluarnya. Perekonomian Indonesia bisa bangkit kembali, salah satunya dengan upaya pemulihan terhadap sektor UMKM. Selama pandemi banyak masyarakat mulai melakukan usaha secara online dan sampai saat ini masih banyak UMKM yang dijalankan masyarakat Indonesia.


Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia utamanya dalam penciptaan lapangan kerja di Indonesia serta meningkatkan pendapatan masyarakat. UMKM merupakan salah satu pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Dengan adanya UMKM dapat mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. 


Pemberdayaan UMKM menjadi salah satu prioritas nasional mengingat besarnya potensi dan kehebatannya dalam menghadapi krisis ekonomi, membantu penyerapan tenaga kerja, dan sebagai motor pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pemerintah menyadari akan potensi UMKM tersebut, oleh sebab itu beberapa tahun terakhir ini Pemerintah mengambil kebijakan untuk meningkatkan kapasitas usaha mikro dan kecil agar dapat naik kelas menjadi usaha menengah. Pemerintah berfokus pada program-program yang mendukung UMKM, baik yang telah dilaksanakan sebelum masa pandemi maupun program baru yang bersifat sustainable. 


Apalagi sekarang UMKM dapat dilakukan secara digital ataupun online. Masyarakat tidak perlu lagi keluar rumah untuk membeli barang yang diinginkan, mereka cukup membuka aplikasi dan memesan barang yang diinginkannya. Dengan begitu dapat meningkatkan penghasilan masyarakat dan akan berdampak pada perekonomia Indonesia. 


Di era sekarang anak-anak juga sudah diajarkan bagaimana cara melakukan UMKM yang baik dan benar disekolahnya. Hal tersebut bisa menjadi bekal mereka kedepan untuk melakukan UMKM dan mendapatkan keuntungan yang besar.[] 


Pengirim :

Dia Ulhusna, mahasiswi Jurusan Bisnis Digital Universitas Bangka Belitung, Hp/WA : 0821790035xx

×
Berita Terbaru Update