Notification

×

Iklan

Iklan

Bosen Olahraga Cuma itu-itu Aja? Yuk Kenali Poundfit yang Sedang Digandrungi Kaum Hawa di Malang

Jumat, 24 November 2023 | November 24, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-24T02:12:43Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik

Gambar setelah  latihan poundfit dengan Pro Rillia  di Profitgym  Malang  01 November 2023. (Foto : IST)

Banyak masyarakat Indonesia, terutama kaum hawa, saat ini banyak yang memilih poundfit sebagai olahraga yang dilakoni. Olahraga baru bernama pound fit ini muncul dari perbukitan Hollywood, California. Di berbagai daerah, kelas-kelas pound fit ramai didatangi kaum Hawa yang ingin berolahraga bersama contohnya  seperti di daerah Malang. Banyak tempat olahraga di Malang yang menyediadakan olahraga Poundfit salah satunya di profitgym Malang. 


Apa itu Poundfit? 


Pound Fit adalah salah satu olahraga unik yang menggabungkan pelatihan kardiovaskular, latihan kekuatan, dan elemen musik. Pound Fit dilakukan dengan menggunakan alat berupa dua buah tongkat yang disebut Ripstix, sekilas tampilan Ripstix sangat mirip dengan drumstick. Ripstix berfungsi sebagai alat  untuk membantu meningkatkan intensitas latihan dan menghadirkan pengalaman yang menyenangkan.Selain menggunakan ripstix poundfit juga menggunakan matras yoga sebagai alas supaya ripstix tidak patah ketika diketukkan ke lantai. 


Olahraga poundfit sangat digandrungi kaum hawa khususnya mahasiswa karena selain membakar kalori harganya ramah di kantong. Di profitgym Malang cukup membayar Rp. 25.000,00 setiap pertemuan sudah bisa melakukan olahraga poundfit dengan durasi 90 menit. Biaya ini sudah termasuk ripstix yang bisa anda gunakan saat latihan, untuk matras yoga  perlu membawa sendiri atau bisa juga menyewa di lokasi latihan. Biasanya Mahasiswa melakukan olahraga poundfit sore hari karena jika pagi dan siang masih sibuk beraktivitas. “Kalau aku sih lebih sering poundfit sore ya karena kalau pagi sampai siang masih sibuk kuliah, menurutku lebih enak aja kalau sore soalnya kan habis poundfit capek ya jadi malamnya tinngal tidur” Ucap salah satu peserta poundfit di profit gym Malang.


Instruktur dalam olahraga poundfit disebut dengan " Pro". Di Profitgym Malang poundfit dipandu oleh Pro Rillia,  peserta  mengikuti gerakan yang dipandu oleh  instruktur sambil mengetukkan ripstix ke matras  atau di udara mengikuti irama musik. Setiap gerakan memiliki tujuan tertentu, baik itu  meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan, atau daya tahan kardiovaskular. Setiap kelas poundfit diisi sekitar 11-15 orang. “ Aku memilih olahraga poundfit itu karena olahraga ini asik banget gitu, saoalnya diiringi music yang kenceng dan gerakannya sangat bombastis. Selain itu, poundfit kan bisa membakar lemak jadi setelah olahraga poundfit badan terasa lebih fresh”, Ucap salah satu peserta poundfit.  Poundfit dirancang untuk menggabungkan elemen pelatihan lanjutan dengan aspek kreatif dan menyenangkan. 


Manfaat Olahraga Poundfit 


1. Menguatkan otot tubuh 

Manfaat Pound Fit yang pertama adalah melatih otot inti tubuh, termasuk otot perut. Olahraga ini dirancang untuk menggerakkan seluruh tubuh. Namun, banyak tikungan dan tikungan yang membantu memperkuat otot perut, otot di sekitarnya, dan  jaringan ikat.  Selain itu, olahraga ini juga menjadi salah satu cara terbaik bagi Anda yang ingin melangsingkan pinggang dan paha.


2. Membakar Kalori 

Selain memadukan gerakan yoga dan pilates, olahraga ini juga dilengkapi dengan unsur kardio, khususnya gerakan seperti  drum. Menggabungkan ketiga olahraga ini dalam satu sesi latihan membantu membakar kalori.


Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Latihan Fisiologi Penelitian menemukan bahwa wanita yang melakukan latihan ini selama 60 menit atau satu jam mampu membakar  sekitar 384 kkal kalori,  Hal ini karena pengendalian berat badan juga membantu melatih otot yang kurang digunakan, sehingga pembakaran kalori menjadi maksimal.


3. Menghilangkan Stres 

Selain meningkatkan koordinasi tubuh, olahraga ini juga dapat membantu mengurangi stres. Olahraga dapat membantu menurunkan hormon stres tubuh. Selain itu,  aktivitas fisik juga dapat merangsang produksi  endorfin, zat kimia di otak yang membantu meningkatkan mood.

 

Nah, itulah ulasan  poundit dan manfaat kesehatannya.Pound Fit merupakan latihan intensitas tinggi, jadi sebaiknya lakukan pemanasan  sebelum memulai untuk menghindari risiko cedera. Selain itu, poundfit cocok bagi semua usia tidak hanya usia muda saja. Oleh karena itu, olahraga ini bisa dijadikan pilihan bagi orang yang igin menjaga kesehatan tubuh.[]


Pengirim :

Rizma Amanda, Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Malang, email : rizma.amanda.2107516@students.um.ac.id 

×
Berita Terbaru Update