Notification

×

Iklan

Iklan

Bahkacung Sebagai Pelopor Kuliner Legendaris Tahu Takwa Khas Kota Kediri

Sabtu, 18 November 2023 | November 18, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-18T03:14:26Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik

Bahkacung Sebagai Pelopor Kuliner Legendaris Tahu Takwa Khas Kota Kediri (Foto : dok. penulis/6 November 2023)

Tahu takwa merupakan makanan khas Kediri yang terbuat dari kedelai lokal yang diberi campuran kunyit, membuat tahu takwa ini banyak diminati masyarakat luar daerah. Salah satu tahu takwa yang terkenal sekaligus pelopor berdirinya tahu takwa yaitu Bahkacung. Pemilik tahu yang menjadi pelopor di Kediri bernama Law Soen Hoek.


Beliau merintis usaha pembuatan tahu takwa sejak tahun 1912, namun sekarang sudah dilanjutkan oleh generasi selanjutnya. Nama Bahkacung sendiri digunakan dalam berdagang, lantaran kebiasaan orang-orang Madura di Jalan Patimura memanggil dengan sebutan “Bah”. Dengan begitu, sebutan nama tersebut membuat Bahkacung semakin banyak dikenal. 



Toko Bahkacung terletak di jalan Trunojoyo no 59 Pakelan, Kota Kediri. Tahu takwa Bahkacung buka setiap hari sejak pukul 6 pagi sampai 8 malam, dimana ini merupakan tradisi dari Sang pendiri yaitu Bahkacung. Toko Bahkacung memiliki 2 cabang yang pertama di jalan Trunojoyo dan cabang kedua di jalan Yos Sudarso dengan bangunan lebih modern.


Setelah Bahkacung meninggal, usaha tahu takwa dilanjutkan oleh generasi kedua anak dari Bahkacung, yaitu Lauw Sing Hian. Setelah Lauw Sing Hian meninggal, kini digantikan generasi ketiga yang merupakan cucu dari Bahkacung, yaitu Lauw Soen Djing sampai sekarang. Meskipun tahu takwa sudah berpindah tangan sampai generasi ketiga, namun tahu takwa Bahkacung tidak mengubah cita rasa dan kualitas yang memiliki ciri khas tersendiri dari tahu takwa lainnya. 


Tahu takwa Bahkacung ini memang sedikit mahal dari produksi tahu lainnya, namun kami selalu menjaga mutu dan rasa yang sama waktu dibuat oleh Bahkacung sendiri. Tahu takwa disini kami jual dengan harga 35 ribu per besek. Selain itu, juga masih mempertahankan cara memasak tradisional dengan peralatan kayu dan batu. Serta dibuat langsung secara manual oleh manusia. 



Oleh karena itu, produksi tahu takwa Bahkacung menjadi terbatas. Alasan kami menggunakan kayu bakar adalah agar tahu takwa yang dihasilnya matang merata dan menjadi ciri khas dari tahu takwa Bahkacung. Jadi, produksi tahu takwa Bahkacung hanya memproduksi 30- 50 biji tahu takwa setiap harinya. Sehingga, produksi tahu takwa dibuat jika ada pembeli yang ingin memesan", ujar karyawan tahu takwa Bahkacung Kota Kediri.


Selain menjual tahu takwa, di Bahkacung sendiri menjual beraneka makanan khas Kediri yang tidak kalah enaknya diantaranya gethuk pisang, sambal pecel. keripik pisang dll. Makanan ini dijual dengan harga relatif terjangkau mulai dari 9 ribu hingga 50 ribuan.  Para pengunjung dari luar kota biasanya membeli makanan khas Kediri baik itu tahu takwa maupun makanan ringan untuk dijadikan oleh-oleh. 


Tidak hanya pengunjung dari luar saja, masyarakat Kota Kediri juga sering membeli di Bahkacung untuk dijadikan makanan dirumah atau dibuat oleh-oleh jika berpergian. Saat ini tahu takwa Bahkacung menjadi salah satu primadona oleh-oleh khas Kota Kediri yang banyak diminati masyarakat sekaligus pelopor tahu takwa yang masih eksis hingga saat ini.[]


Pengirim :

Afifa Adma Tantri, mahasiswa Pendidikan Sosiologi  Universitas Negeri Malang, email : afifaadma@icloud.com

×
Berita Terbaru Update