Notification

×

Iklan

Iklan

DKP Surati Balai Sungai Aceh Atasi Pendangkalan Sungai di Aceh Barat

Kamis, 07 September 2023 | September 07, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-07T10:23:46Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik

Sumber Foto : ANTARA

Tamiang-News.com | MEULABOH
- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Aceh Barat menyurati Balai Sungai Aceh sebagai upaya mengatasi pendangkalan aliran sungai di kawasan Kecamatan Meureubo, kabupaten setempat yang menyebabkan ratusan kapal nelayan di daerah itu kesulitan melaut akibat pendangkalan.


“Kita masih menunggu tindak lanjut dari Balai Sungai Aceh terkait persoalan dangkal nya aliran sungai di kawasan Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat,” kata Kepala Bidang Perikanan dan Tangkap, pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Barat, Erfan di Meulaboh, Kamis.


Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat belum bisa menangani persoalan dangkal nya aliran sungai di daerah tersebut, karena kewenangan penanganan aliran sungai di Aceh termasuk di Kabupaten Aceh Barat, merupakan kewenangan Balai Sungai Aceh.


Sehingga apabila Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melakukan penanganan, maka dikhawatirkan akan menyebabkan berbagai persoalan lain terkait kewenangan dan aturan yang berlaku lainnya.


Erfan juga mengatakan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Barat selama ini telah berupaya mencari solusi terkait pendangkalan aliran Sungai di Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat.


Upaya yang dilakukan seperti menyurati Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Aceh, agar dapat segera mencari solusi terkait persoalan dangkalnya aliran sungai di Aceh Barat.


Akibat persoalan tersebut, kata Erfan, saat ini sekitar 100 unit kapal motor nelayan di Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, sering kesulitan melaut karena dangkal nya aliran sungai di daerah ini.


Dangkal nya aliran sungai juga disebabkan karena adanya sedimen yang terbawa air dari hulu sungai, dan sedimen yang berasal dari pasir laut.


“DKP Aceh Barat masih menunggu tindaklanjut dari Balai Sungai Aceh terkait penanganan dangkal nya aliran sungai di Meureubo, Aceh Barat. Kita harapkan segera ada tindak lanjut dan solusi atas permasalahan yang dialami nelayan Aceh Barat,” demikian Erfan.[] Antara

×
Berita Terbaru Update