Notification

×

Iklan

Iklan

Rektor USK di Unsam Langsa : Generasi Milenial Modal Indonesia Unggul

Sabtu, 20 Mei 2023 | Mei 20, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-20T16:19:20Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik

Rektor Universitas Syiah Kuala (USK), Prof. Dr. Ir. Marwan (Foto : dok. humas USK)

Tamiang-News.com | Langsa
- Rektor Universitas Syiah Kuala (USK), Prof. Dr. Ir. Marwan dipercayakan sebagai pemberi orasi ilmiah di Universitas Samudra (Unsam). Orasi ilmiah ini bertepatan dengan wisuda periode petama tahun 2023 kampus tersebut, yang berlangsung di Kota Langsa, Provinsi Aceh, Rabu, 17 Mei 2023 yang lalu.


Prof Marwan menyampaikan orasi ilmiah dengan tajuk ‘Melahirkan Lulusan Bermutu, Mewujudkan Generasi Unggul’. Harapan generasi unggul itu, salah satunya datang dari generasi milenial, yaitu generasi yang kelahirannya dalam rentang tahun 1980 – 2000-an.


Dimana pada tahun 2020, ada 34% jumlah penduduk Indonesia yang merupakan kelompok generasi milenial. Generasi ini akan terus mendominasi penduduk Indonesia hingga tahun 2035.


“Perguruan Tinggi memiliki peran penting dalam mendidik atau melahirkan generasi unggul Indonesia. Apalagi saat ini tantangan dunia kerja dan global semakin kompetitif. Karakter generasi unggul tersebut adalah religius, berwawasan kebangsaan, berpikiran global, digital-preneurship,” kata Rektor USK.


Ia mengungkapkan, ada empat pilar pembangunan Indonesia 2045 mendatang yang patut menjadi perhatian bersama. Pertama, pembangunan manusia dan penguasaan IPTEK. Kedua adalah pembangunan ekonomi berkelanjutan. Ketiga, menghadirkan pemerataan pembangunan nasional. Dan keempat, pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan.


“Maka kehadiran generasi milenial ini memiliki peranan penting dalam mendukung pembangunan Indonesia di era Revolus Industri 4.0 ini. Kita bisa menyaksikan, bagaimana saat ini generasi milenial adalah agent of change,” tutur Prof Marwan.


Dirinya mencontohkan, perkembangan dunia start-up yang didominasi oleh generasi milenial. Menariknya, 80% perusahaan start-up  besar dunia berawal dari modal kecil. Semua ini tidak lepas dari karakteristik generasi milenial yang berani melakukan terobosan.


“Generasi milenial ini bukan hanya menjadi penting dalam pembangunan nasional, tapi secara khusus keberadaan mereka menjadi sangat berarti bagi Provinsi Aceh yang kita cintai ini. Apalagi Aceh merupakan salah satu provinsi yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang luar biasa. Baik itu kekayaan biodiversitas, migas, pertanian dan lainnya,” sebutnya.


Generasi milenial diyakini adalah modal penting untuk terwujudnya generasi unggul, demi terealisasikan Indonesia emas 2045. Prof Marwan mendoakan, lulusan Unsam, bisa mengambil peran untuk itu.


Sementara itu, Rektor Unsam, Prof. Dr. Ir. Hamdani, MT, IPM menyampaikan, bahwa lulusan Unsam yang diwisuda pada periode pertama tahun 2023 berjumlah 622 orang. Ia juga berterimakasih atas kesediaan Rektor USK untuk mengisi orasi ilmiah di kampus kebanggaan Kota Langsa. Kepada wisudawan menitipkan pesan berharga.


“Para wisudawan harus penuh bangga melanjutkan perjuangan di bidang berikutnya. Saatnya menjadi pelopor dunia kerja, menuju arah lebih baik. Kami titipkan nama baik Unsam pada kalian. Masyarakat akan menilai sikap dan kompetensi para alumninya,” ucap Rektor Unsam.[]***

×
Berita Terbaru Update