Notification

×

Iklan

Iklan

Situasi Pendidikan di Masa Pandemi

Selasa, 30 November 2021 | November 30, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-30T04:57:47Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik

Muhammad satriabudi Permana (Mahasiswa Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang)

TamiangNews.com --- Saat ini, dunia sedang menghadapi masalah, dengan munculnya wabah penyakit yang disebabkan oleh virus, yaitu virus corona atau disebut juga Covid 19, hampir semua aspek kehidupan mengalami perubahan-perubahan yang semakin hari semakin mengkhawatirkan, mendebarkan seluruh isi dunia.

Dunia perekonomian semakin lemah, semuanya telah merasakan dampak dari virus ini, terutama pada dunia pendidikan. Kita harus siap menghadapi perubahan ini, karena cepat atau lambat pendidikan akan mengalami perubahan drastis akibat pandemi.

Saat ini pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan, salah satunya meliburkan aktivitas tatap muka, hal ini dilakukan sebagai upaya-upaya pencegahan penularan virus corona. Hal ini tentunya berdampak besar pada perkembangan pendidikan, yang saat ini dituntut untuk belajar mandiri, belajar secara daring atau online.

Pembelajaran daring atau online merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi pembelajaran dilakukan melalui jaringan internet. Hal ini merupakan tantangan besar bagi seorang guru, karena dalam kondisi seperti ini guru pun dituntut untuk bisa mengelolah, mendesain media pembelajaran sedemikian rupa untuk mencapai tujuan pembelajaran dan mencegah atau mengantisipasi kebosanan siswa dalam pembelajaran model daring tersebut.

Bukan hanya itu saja, dalam penerapan belajar online ini, tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan belajar, yang dipicu oleh beberapa faktor contohnya siswa yang belum memiliki gadget, siswa yang belum mengetahui banyak tentang penggunaan teknologi. Selain itu, masalah utama yang dialami siswa adalah jaringan yang tidak memadai.

Di balik semua ini, kita harus mampu mengambil hikmah dari pandemi ini. Pandemi ini mungkin saja datang sebagai ujian untuk kita semua. Semoga pandemi ini segera berlalu dan memperbaiki sistem pendidikan kita.***

 

×
Berita Terbaru Update