Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Meningkatkan Mutu Pendidikan

Selasa, 30 November 2021 | November 30, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-30T23:50:25Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik

Azizah Thahirah Jurusan Pendidikan IPA, Semester 1 Fakultas FMIPA Universitas Negeri Padang

TamiangNews.com --- Pendidikan di era globalisasi saat ini tentu sudah menjadi aspek penting dalam kehidupan. Terlebih lagi pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan, di mana pembangunan akan terus berkembang sesuai dengan tuntutan zaman.


Dalam prosesnya pendidikan tentu tidak akan lepas dari permasalahan - permasalahan yang dihadapi baik pemerataan pendidikan, kuantitas pendidikan, kualitas pendidikan, efisiensi pendidikan, efektivitas pendidikan, relevansi pendidikan, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Bukankah banyaknya masalah dalam proses pendidikan akan menyebabkan rendahnya mutu pendidikan yang mengakibatkan kualitas tenaga kerja Indonesia menurun?, hal itu merupakan dampak dari kurangnya keahlian dan juga skill masayarakat yang terjadi terus menerus, bila peristiwa tersebut terus terulang maka tak heran lagi banyaknya tenaga kerja asing masuk ke Indonesia yang kemudian mengisi lowongan pekerjaan yang seharusnya di isi oleh masyarakat Indonesia itu sendiri. Tentu hal ini mengakibatkan terjadiya berbagai masalah - masalah, seperti pengangguran, kemiskinan, kejahatan dan masih banyak lagi.


Dalam rangka meningatkan mutu pendidikan, maka perlulah di tetapkan standar nasional pendidiakan di Indonesia. Taukah kamu ?, bahawa standar nasional pendidikan itu diatur dalam UU Sisdiknas (UU No 20 tahun 2003). Standar nasional pendidikan ini menjadi kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Standar pendidikan nasional tersebut terdiri dari :

1.    Standar Isi

Standar isi adalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu yang berkaitan dengan kurikulum.

2.   Standar Kompetensi lulusan

Standar kompetensi lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, keterampilan yang berkaitan dengan kompetensi dan hasil belajar.

3.   Standar Proses

Standar proses adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan proses pembelajaran yang dilaksanakan.

4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Standar pendidik dan tenaga kependidikan adalah kriteria pendidikan prajabatan dan kelayakan fisik maupun mental, serta pendidikan dalam jabatan.

5.    Standar sarana dan prasarana

Standar sarana dan prasarana adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan invrastruktur yang terdapat pada institusi pendidikans, seperti ruang belajar, tempat olahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, tempat bermain dan sumber belajar lain, yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

6. Satandar Pengelolaan

Standar ini meliputi perencanaan pendidikan, Pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan yang dilakukan pada seluruh elemen instiyusi pendidikan.

7. Standar Pembiayaan

Standar ini merupakan standar nasional yang berkaitan dengan komponen dan besarnya biaya operasi atau anggaran satuan pendidikan.

8. Standar Penilaian

Standar ini merupakan standar nasional penilaian pendidikan yang berkaitan dengan penilaian, analisis, dan evaluasi hasil belajar peseta didik, yang meliputi : penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dan penilaian hasil belajar oleh pemerintah.


Jadi pendidikan yang mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan akan terus terdapat berbagai macam masalah yang harus dihadapi dihadapi, masalah – masalah pendidikan luas dan kompleks itulah menyebabkan kualitas pendidikan di Indonesia menurun. Akan tetapi, dengan menetapkan standar pada pendidikan itu sendiri diharapkan mutu pendidikan di Indonesia semakin baik, sehingga kualitas sumber daya manusia meningkat dan mampu bersaing dengan pihak luar sehingga permasalahan seperti pengangguran, kemiskinan, dan kriminalitas dapat di tekan. Sehingga pembangunan nasional akan lebih baik kedepannya.

Standar pendidikan yang baik akan mendukung proses pendidikan (sumber : dokumentasi pribadi) ***

×
Berita Terbaru Update