Notification

×

Iklan

Iklan

Pengaruh K-Pop Terhadap Lini Bisnis E-Commerce di Indonesia

Selasa, 30 November 2021 | November 30, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-30T03:52:30Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik

Hilda Diah Rahmawati, Semester 3, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang

TamiangNews.com --- Ketertarikan masyarakat Indonesia khususnya kaum milenial dan generasi Z terhadap Korean Wave telah menarik perhatian beberapa perusahaan e-commerce. Hasil data serta riset pasar membuktikan generasi milenial dan generasi Z merupakan konsumen terbesar pada platform e-commerce. Disebutkan juga bahwa generasi milenial dan generasi Z paling banyak melakukan transaksi di berbagai platform e-commerce.


Idol K-Pop dinilai memiliki potensi besar untuk menggaet konsumen dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap perilaku konsumen di berbagai belahan dunia sehingga beberapa perusahaan e-commerce Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada bekerja sama dengan Idol Kpop dan menjadikan mereka sebagai Brand Ambassador. 


Pada tahun 2021 Twitter menyebutkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah penggemar K-Pop terbanyak. Dibuktikan dengan data bahwa pada tahun 2020-2021 penggemar Indonesia telah menyumbangkan cuitan dengan jumlah paling besar diantara 7,5 Milliar cuitan yang berkaitan dengan K-Pop. 


Tidak hanya itu, Indonesia juga menjadi salah satu pengunjung layanan streaming terbanyak di dunia. Hal ini menjadikan berbagai perusahaan e-commerce menerapkan metode pemasaran melalui video siaran langsung yang dinilai efektif untuk menggaet kaum milenial. Dalam jangka waktu yang lebih lama, Idol-Kpop dinilai mampu menggerakan perekonomian dan menarik perhatian investor global, mengingat Brand Ambassador yang dipilih memiliki audiens global dan hal ini merupakan strategi cerdas untuk memperkenalkan platform e-commerce mereka ke kancah Internasional.***

×
Berita Terbaru Update