Notification

×

Iklan

Iklan

Manfaat e-commerce untuk pedagang kecil di Indonesia

Selasa, 30 November 2021 | November 30, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-30T04:33:42Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik

Adelia Putri Wiranti Semester 3 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

TamiangNews.com --- Pedagang di Indonesia kecil maupun besar sudah menjadi peran strategis untuk perekonomian bagi Indonesia dan penyerapan tenaga kerja. Pedagang dapat menjadi tulang punggung bagi perekonomian Indonesia itu sendiri. Keberadaan pedagang merupakan satu hal yang sangat penting dalam perekonomian, dimana dalam kondisi ekonomi yang tidak kondusif, pedagang adalah alternatif yang mampu mengurangi beban berat yang dihadapi perekonomian nasional. 

Saat ini dunia perdagangan tidak lagi dibatasi dengan ruang dan waktu, dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat mempercepat dan memudahkan transaksi online antara penjual dan pembeli. Penggunaan teknologi dan Informasi di Indonesia sudah cukup pesat. Sekarang semua kalangan dari yang kecil hingga dewasa sudah bisa menggunakannya. 

E-commerce adalah salah satu bukti karena perkembangan teknologi yang sangat pesat dibidang ekonomi. E-commerce adalah model bisnis yang memungkinkan perusahaan atau individu bisa membeli atau menjual barang melalui internet. Hampir semua produk, termasuk jasa, tersedia di internet dari mulai makanan, musik, buku, produk rumah tangga, tiket pesawat, investasi bisa dibeli lewat e-commerce. E-commerce adalah penyebaran, penjualan, pembelian, serta pemasaran barang atau jasa yang mengandalkan sistem elektronik. Dengan beberapa klik di aplikasi jual beli, pembeli dapat dengan cepat bertransaksi. Pembayaran juga dapat dilakukan dengan sistem transfer oleh bank yang kita tuju.

E-Commerce dapat dimanfaatkan dalam operasional bisnisnya, pedagang akan mendapatkan akses pasar yang lebih luas dan berpeluang menggaet  pelanggan baru. Di sisi lain, pelanggan akan lebih mudah mendapatkan informasi yang diperlukan secara online. Kegiatan jual-beli kini tidak harus bertransaksi dan memilih barang secara langsung dengan metode pembayaran secara tunai saja. Pemanfaatan e-Commerce sebagai wadah jual-beli secara online maka akan mendorong perubahan kegiatan usaha era ekonomi yang lama beralih ke era ekonomi yang baru. Berikut adalah tabel perbandingan kegiatan usaha antara era ekonomi lama dengan era ekonomi baru.

Berikut kelebihan e-commerce untuk pedagang kecil :

1. Murah dan Efisien

Traksaksi menggunakan sistem trasfer ternyata lebih murah dibanding dengan kita transaksi langsung. Dan juga dapat menghemat waktu untuk pekerja full time. 

2. Akses tanpa batas

Kita dapat mengakses e-commerce selama 24 jam setiap harinya. Yang mana tu dapat menyesuaikan waktu kita jika ada pekerjaan lainnya yang mendesak.

3. Pengiriman barang cepat

Ini menyediakan pengiriman barang cepat dengan sedikit usaha di pihak pelanggan. Keluhan pelanggan juga ditangani dengan cepat. Ini juga menghemat waktu, tenaga dan tenaga bagi konsumen dan perusahaan.


Manfaat e-commerce bagi pedagang :

1. Dapat memperluas market hingga ke pasar nasional dan internasional.

2. Dapat menurunkan biaya pembuatan, pemrosesan, pendistribusian, penyimpanan dan pencarian informasi yang menggunakan kertas.

3. Memungkinkan pengurangan inventory dan overhead dengan menyederhanakan supply chain management.

4. Mengurangi waktu antara pengeluaran modal dan penerimaan produk barang dan jasa.

5. Mendukung upaya-upaya business process reegineering.

6. Memperkecil biaya telekomunikasi internet lebih murah.

7. Keuntungan lainnya meliputi, layanan konsumen dan produktivitas meningkat dan akses informasi lebih cepat.


Dapat disimpulkan bahwa peningkatan jual beli melalui e-commerce selain sebagai potensi untuk membantu perekonomian, juga menandakan bahwa daya beli masyarakat di masa sekarang dapat dibilang kondisi baik. Semakin meningkatnya daya beli masyarakat, akan membawa pengarug positif terhadap perekonomian indonesia. *** 

×
Berita Terbaru Update