Notification

×

Iklan

Iklan

Tips Manajemen Keuangan Bagi Anak kost

Sabtu, 14 Desember 2019 | Desember 14, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-12-16T07:44:07Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik
Tuntutan pekerjaan atau Pendidikan membuat kita terpaksa untuk merantau ke kota lain. Di kota tersebut tentunya kita akan tinggal di sebuah kost atau rumah kontrakan tempat dimana kita akan tinggal. Di kota tersebut kita harus mampu beradaptasi mulai dari lingkungan tempat tinggal, lingkungan kerja atau Pendidikan, hingga makanan sehari-hari. 


Foto : Ilustrasi
Masa-masa menjadi anak kost merupakan masa terberat apalagi bagi mereka yang tidak terbiasa melakukan semuanya sendiri. Masalah utama yang sering terjadi pada anak kost adalah tidak bisa mengelola keuangan dengan baik karena kita dihadapakan pada kebebasan dalam mengatur dan memenuhi segala kebutuhan sendiri sehingga kadang kehilangan kontrol saat membelanjakan uangnya tanpa perhitungan yang terencana. Jika hal ini tidak segera diatasi maka mungkin akan menimbulkan permasalan keuangan setip bulannya. 

Oleh karena itu kita harus memiliki perencaanaan yang jelas dalam mengatur keuangan sehingga bisa mencukupi kebutuhan hingga akhir bulan, berikut tips yang dapat dilakukan yaitu:

1. Buatlah catatan kebutuhan bulanan berdasarkan skala prioritas

Buat daftar kebutuhan bulanan yang benar-benar diperlukan, usahakan tidak membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan, susunlah kebutuhan tersebut berdasarkan skala prioritas. Hitung jumlah kebutuhan yang telah dicatat untuk satu bulan agar lebih mudah melihat jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan bulanan Anda.

2. Belilah kebutuhan bulanan yang telah dicatat sekaligus

Belilah semua kebutuhan bulanan yang telah dicatat sekaligus agar menghemat waktu dan tenaga serta agar terhindar terjadinya pemborosan karena membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

3. Masak sendiri dan bawa bekal makanan saat pergi bekerja atau ke kampus

Kamu bisa memasak makanan sendiri sesuai selera, dengan memasak sendiri kamu bisa lebih sehat dan hemat. Bawalah makanan yang telah kamu masak sebagai bekal di tempat kerja atau kampus untuk menghindari membeli makanan di luar.

4. Bawalah selalu air minum di tumbler

Jangan malu untuk membawa air minum didalam tumbler karena selain bisa menghemat pengeluaran kamu juga ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan karena tidak menggunakan botol plastik minuman kemasan. 

5. Manfaatkan wi-fi gratis untuk menghemat pengeluaran biaya internet

Manfaatkan wi-fi gratis yang ada di tempat kerja atau kampus, kamu bisa mengakses internet dengan bebas dan leluasa tanpa takut kehabisan kuota internet, hal ini bisa mengurangi biaya untuk pembelian kuota internet karena kita lebih banyak menghabiskan waktu di kampus atau di tempat kerja dibandingkan waktu di kost.

6. Cucilah pakaian sendiri untuk pangkas biaya laundry

Cucilah pakaian setiap akhir pekan, dengan mencuci pakaian sendiri kamu dapat menekan pengeluaran sebaik mungkin. Uang yang seharusnya untuk laundry tersebut bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan lainnya atau untuk ditabung.

7. Jangan terlalu banyak memegang uang tunai

Jika hendak bepergian bawalah uang secukupnya agar tidak tergoda untuk membeli sesuatu yang tidak penting, dengan membawa uang pas kamu tidak akan tergoda untuk membeli sesuatu yang akan mengakibatkan pembengkakan pengeluaran.

8. Menabung secara teratur

Sisihkanlah uang bulanan pada saat setelah dikirimi uang, alokasikan untuk tabungan sehingga kamu memiliki uang simpanan yang bisa digunakan jika kondisi keuangan sedang dalam darurat atau uang hulanan telat dikirim.

9. Belajar cari penghasilan tambahan

Di zaman sekarang semua orang bisa mendapatkan penghasilan tambahan hanya dengan mengandalkan smartphone, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara berjualan online dengan mengambil barang dari produsen atau biasa disebut menjadi reseller, kamu tidak memerlukan modal yang banyak untuk menjadi reseller, banyak pekerjaan sampingan yang tidak memerlukan modal seperti menjadi penulis online, memulai sebuah channel YouTube, dan lain-lain.

10. Belajarlah investasi

Dengan menghemat kamu bisa menggunakan sisa uang bulanan kamu untuk mencoba melakukan investasi agar menambah penegetahuan mengenai investasi dan kamu bisa melatih kemampuan cara melakukan transaksi investasi.

Lakukan tips diatas secara rutin agar kamu tidak mengalami masalah keuangan dan terciptanya pengaturan keuangan yang baik dan terencana. Dengan terciptanya pengaturan keuangan yang baik dan terencana hal itu membuktikan kamu bisa lebih mandiri dengan tinggal di kota orang dan membantu kamu lebih mudah dalam menjalani kehidupan sebagai anak kost. []

Pengirim : 
Siti Nurimah
Mahasiswi Universitas Indonesia (UI)
Email : nuri.nurimah24@gmail.com



×
Berita Terbaru Update