Notification

×

Iklan

Iklan

Tanah Surga Dilanda Kritis

Senin, 16 Desember 2019 | Desember 16, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-12-16T08:42:57Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik
Kata orang tanah kita tanah "surga” tetapi definisi tersebut sangat berjungkir balik dengan keadaan perekonomian kita saat ini. Indonesia dengan luas sekitar 1.919.440 km2 menunjukkan betapa kayanya indonesia akan sumber daya alam yang melimpah. Indonesia kaya akan sumber daya alam namun miskin akan sumber daya manusia. 


Dengan begitu banyak kekayaan alam yang melimpah ruah, masyarakat kita tidak dapat mengelola sumber daya alam yang ada sehingga menjadi aset asing. Padahal, apabila kita dapat mengelola kekayaan alam di negeri ibu pertiwi ini tentu saja kita dapat menjadi bangsa yang maju bahkan jauh lebih maju dari negara-negara diluar sana. Akan tetapi, kondisi perekonomian saat ini terlihat sangat miris jika disandingkan dengan semboyan ‘tanah surga’. Ekonomi adalah permasalahan terbesar di Indonesia. 

Sumber daya alam indonesia diambil oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab semakin hari semakin dihabiskan demi kepentingannya sendiri. Siapa yang salah dalam kondisi alam indonesia sekarang? Sangat sulit untuk menjawab ketika melihat keadaan alam indonesia saat ini. Masyarakat indonesia harus lebih peduli dengan kekayaan alam yang dipunyanya. Alam tidak butuh manusia, namun manusia butuh alam. Keadaan hutan di Indonesia semakin hari semakin memprihatinkan melihat penyusutan luas hutan dikarenakan pembangunan dan lainlain.

Menteri Perencanaan Pembangunan Bambang Brodjonegoro mengatakan ekonomi Indonesia saat ini tidak jauh beda dengan kondisi ekonomi saat kita dijajah Belanda. Mereka menjajah dengan rempah rempah dan komoditas lainnya yang dikirim kenegaranya. Indonesia saaat dijajah oleh belanda, sumber daya alam indonesia dikeruk habis, bahkan ada gerakan tanam paksa. Kondisi ini menurut beliau, menyerupai kondisi Indonesia saat ini yang mengandalkan sumber daya alam untuk diekspor.

Indonesia saat ini memegang lebih dari 51 persen saham PT Freeport. Kenapa hanya 51 persen? Karena masih ada beberapa pertimbangan yang dibutuhkan seperti teknologi dan persoalan dana. Oleh karena itu seharusnya masyarakat Indonesia dan juga Pemerintah dapat bekerja sama meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar dapat memanfaatkan sumber daya alam.

Solusi yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan sumber daya alam indonesia, yaitu :
Meningkatkan pengetahuan kepada masyarakat cara pengelolaan sumber daya alam yang baik dan Menyadarkan masyarakat betapa banyaknya sumber pendapatan yang bisa mereka manfaatkan.

Pengirim : 
Bahrina Azyyati
Mahasiswi Adm. Keuangan dan Perbankan Program Pendidikan Vokasi, UI
Email : bahrinaazyyati9@gmail.com




×
Berita Terbaru Update