Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Manajemen Waktu Bagi Pelaku Usaha

Minggu, 15 Desember 2019 | Desember 15, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-12-16T09:28:35Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik
Salah satu kemampuan penting yang dibutuhkan oleh pelaku usaha dalam berbisnis adalah kemampuan mengatur dan merencanakan atau manajemen, terutama manajemen waktu. Dalam berbisnis pelaku usaha sangat memerlukan keahlian dalam manajemen waktu karena hal tersebut merupakan salah satu faktor kesuksesan dan kelancaran dari usaha yang dijalankan.

Foto : Ilustrasi
Menurut Leman (2007), pengertian manajemen waktu adalah penggunaan dan pemanfaatan waktu sebaik-baiknya, seoptimal mungkin dengan melakukan perencanaan aktivitas secara terorganisir dan matang. Dengan time management yang baik seseorang bisa merencanakan dan menggunakan waktu dengan efektif dan efisien, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang.

Keberhasilan dalam berbisnis dapat diraih dengan menerapkan manajemen waktu yang baik, dengan manajemen waktu yang baik maka pelaku usaha akan menjadi seorang pengusaha yang professional sebab seorang pelaku usaha yang mampu memanajemen waktunya dengan baik maka akan semakin mudah untuk mengatur hal yang lain dan seberapa efektif pelaku usaha tersebut dalam mengatur waktu.

Kebanyakan pelaku usaha beranggapan bahwa manajemen waktu dalam menjalankan suatu usaha adalah hal yang tidak terlalu penting karena mereka menganggap dengan bisnis atau usaha yang mereka jalani sendiri waktunya akan menjadi lebih leluasa, fleksibel dan tidak terikat dengan peraturan atasan, namun hal tersebut merupakan anggapan yang salah besar.

Manajemen waktu harus diterapkan dengan tepat karena hal ini berikatan dengan waktu yang sifatnya cepat habis, tidak dapat diulang, tidak dapat dibeli, dan tidak dapat digantikan. Oleh karena itu dalam dunia bisnis sering didengar istilah “Waktu adalah uang” sehingga kemampuan dalam manajemen waktu sangat diperlukan bagi para pelaku usaha karena bagi mereka setiap waktu adalah kesempatan untuk mencari peluang yang tidak dapat disia-siakan. 

Manajemen waktu juga menggambarkan kedisiplinan seorang pelaku usaha. Dengan manajemen waktu yang baik pelaku usaha juga dapat memanfaatkan waktunya dengan semaksimal mungkin sehingga ia mampu mencapai tujuan dan sasaran dengan lebih baik secara efisien dan efektif. Tidak hanya itu dengan melakukan manajemen waktu yang baik para pelaku usaha juga dapat mengoptimalkan peluang yang ada sehingga meminimalisir terbuangnya waktu untuk kegiatan yang tidak penting. Sehingga dengan adanya manajemen waktu para pelaku usaha mampu menentukan skala prioritas apa saja yang seharusnya di lakukan terlebih dahulu namun tidak mengorbankan hal penting lainnya.

Pentingnya manajemen waktu yang dilakukan oleh pelaku usaha tidak hanya berdampak pada lingkungan internal tapi juga eksternal. Pada lingkungan internal manajemen waktu akan mempengaruhi kelancaran dan kesuksesan usaha tersebut dan juga mempengaruhi rasa semangat bagi pelaku usaha dalam menjalankan usahanya. Sedangkan pada lingkungan eksternal manajemen waktu juga berpengaruh pada kepuasan customer terhadap barang atau jasa yang ditawarkan.

Manajemen waktu adalah kunci dari sebuah kesuksesan. Tidak hanya dalam menjalankan usaha, dalam kehidupan sehari hari setiap individu manajemen waktu juga suatu hal yang sangat penting karena waktu adalah hal yang sangat berharga. Gunakanlah waktu secara bijak karena hal ini membantu kita dalam melakukan hal hal yang lebih efektif dan optimal.

Pengirim : 
Rezky Amelia Putri
Mahasiswi Vokasi Universitas Indonesia Jurusan Adm. Keuangan dan Perbankan
Email : rezky.ameliaaaaa@gmail.com
×
Berita Terbaru Update