Notification

×

Iklan

Iklan

Pengaruh Yoga Terhadap Daya Ingat

Selasa, 10 Desember 2019 | Desember 10, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-12-11T07:30:36Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik
Apakah kalian menyukai olahraga yang satu ini?? Jadi yoga adalah olahraga hits yang sudah ada sejak lama yang mana olahraga satu ini sangat mudah digunakan, serta bisa dilakukan dimana saja dan tentu saja tidak memakan banyak tempat. Yoga sendiri dapat dilakukan oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga lanjut usia.


Foto : Ilustrasi
Yoga adalah aktivitas gerakan olah tubuh dan juga pikiran yang sangat fokus pada kekuatan dan pernafasan untuk meningkatkan kualitas mental, fisik, dan memori atau daya ingat.

Sebuah penelitian menunjukan, bahwa yoga tidak hanya baik untuk tubuh tapi juga untuk memori atau daya ingat seseorang. Penelitian ini melibatkan 25 orang dewasa berusia 55 tahun dan mengalami kerusakan kognitif ringan, atau masalah dengan memori dan berpikir, perlu di ketahui kadang-kadang penyakit ini mendahului penyakit Alzheimer. 

Peserta ditugaskan secara acak untuk menyelesaikan dengan baik tiga bulan kursus yoga dan meditasi, untuk pelatihan memori. Pada akhir penelitian, dua kelompok melihat perbaikan yang serupa dalam memori verbal mereka, yang merupakan jenis memori yang digunakan ketika orang ingat nama atau daftar kata-kata. 

Representasi pengetahuan secara verbal disebut juga dengan pengorganisasian secara semantik. Tetapi mereka yang berlatih yoga, perbaikan besar terdapat dalam memori visual-spasial, jenis memori yang digunakan untuk mengingat lokasi dan menavigasi saat mengemudi. Kelompok yoga juga melihat pengurangan besar gejala depresi dan kecemasan mereka daripada kelompok pelatihan otak. 

Sejarah dan anekdot, yoga telah memberikan hal baik dalam masa penuaan, tapi ini adalah manfaat demonstrasi ilmiah," rekan penulis studi Harris Eyre, calon mahasiswa doktor di Australia University of Adelaide, mengatakan dalam sebuah pernyataan. "Kami mengubah sejarah kebijaksanaan ke tingkat tinggi, bukti-bukti yang diperlukan dokter untuk merekomendasikan terapi untuk pasien mereka," kata Eyre, yang melakukan studi dengan para peneliti di University of California, Los Angeles.

Kelompok yang melakukan pelatihan memori berpartisipasi dalam sesi mingguan untuk belajar keterampilan untuk meningkatkan ingatan mereka, seperti belajar bagaimana untuk menghubungkan gambar atau kata-kata tertentu dengan nama untuk mengingat mereka lebih baik dan wajah orang
Kedua kelompok ini juga menunjukan perubahan dalam aktivitas otak mereka yang tercermin dalam perbaikan memori, kata para peneliti.

Jenis yoga yang dipraktekkan dalam studi mungkin meningkatkan memori karena melibatkan nyanyian dan visualisasi, yang mungkin memperkuat keterampilan verbal dan visual tertentu, dan juga meningkatkan perhatian dan kesadaran secara keseluruhan, kata para peneliti.

Akan tetapi, dikarenakan studi ini berskala kecil, masih diperlukan lagi penelitian lebih lanjut dalam kelompok skala besar agar hasil penelitian dapat diterima. [] 

Pengirim : 
Hanna Jessica
Mahasiswa Semester 3 Jurusan Psikologi Islam UIN Imam Bonjol Padang
Email : jessica31.hjaa@gmail.com




×
Berita Terbaru Update