Notification

×

Iklan

Iklan

Merasa Sulit untuk Mengatur Keuangan? Ini Lah Tips Mengelola Keuangan dengan Baik

Kamis, 12 Desember 2019 | Desember 12, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-12-16T05:12:06Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik
Mengelola uang dengan baik memang bukanlah hal yang mudah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak masyarakat yang sulit untuk mengatur keuangan mereka dengan baik, khususnya bagi para generasi milenial. Kebanyakan orang biasanya menghabiskan uang dengan berfoya-foya pada awal bulan, berbelanja secara berlebihan, membeli hal yang tidak dibutuhkan yang pada akhirnya akan menimbulkan gaya hidup konsumtif. Gaya hidup konsumtif ini yang berbahaya bagi kita.

Foto : Ilustrasi
Untuk mengelola uang dengan baik bisa dilakukan dengan cara-cara yang mudah dan sederhana. Berikut beberapa tips yang dapat membantu untuk mengelola keuangan dengan baik.

1. Menghindari berbelanja secara berlebihan

Hindari berbelanja secara berlebihan. Khususnya bagi wanita yang lebih sering dikenal suka berbelanja dan bisa menghabiskan waktu dengan lama di mall. Berbelanja bukanlah hal yang sama sekali harus dihindari, karena nyatanya kita perlu melakukannya untuk memenuhi kebutuhan pokok. Namun berbelanja secara berlebihan juga berbahaya, oleh karena itu prioritaskan apa yang menjadi kebutuhan. Be a smart shopper, berpikirlah berkali-kali sebelum mengeluarkan uang apakah benar-benar di perlukan dan sesuai dengan kebutuhan. Jika membeli sesuatu hanya sekedar memenuhi keinginan semata maka hindari hal tersebut.

2. Menabung

Mulailah menyisihkan sebagian kecil uangmu untuk menabung. Banyak manfaat dari menabung. Dengan menabung bisa membantu meyiapkan kebutuhan di masa yang akan datang atau untuk dana cadangan.

3. Siapkan rekening berbeda

Pisahkan rekening untuk tabungan dan uang yang digunakan sehari-hari. Hal ini penting untuk dilakukan. Dengan begitu penggunaan uang menjadi lebih teroganisir dengan baik dan jelas sesuai dengan kebutuhan.

4. Mencatat pengeluaran

Dengan mencatat pengeluaran secara rutin, anda bisa mengetahui setiap dana yang masuk dan keluar yang pada akhirnya anda akan berpikir panjang sebelum berbelanja.

5. Manfaatkan diskon atau potongan harga

Sebagai konsumen, anda harus pintar dan bijak dalam memanfaatkan kesempatan yang ada. Dengan adanya potongan harga atau diskon anda akan mendapatkan produk-produk dengan harga yang lebih murah, otomatis bisa menghemat pengeluaran anda.

Pengirim :
Vani Trixie
Mahasiswi Administrasi Keuangan dan Perbankan 2019, Program Vokasi Universitas Indonesia
Email : vanitrixie84@gmail.com

























×
Berita Terbaru Update