Notification

×

Iklan

Iklan

Ingin berbisnis? 5 strategi pemasaran produk ini bisa dicoba untuk pemula

Kamis, 12 Desember 2019 | Desember 12, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-12-12T05:09:43Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik
Apa itu strategi pemasaran? Strategi pemasaran adalah upaya untuk memasarkan suatu produk, apakah itu barang atau jasa, menggunakan pola rencana atau taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. Dalam menjual sebuah produk,seseorang harus mempunyai strategi pemasaran agar dapat mengembangkan usahanya. Tanpa adanya strategi pemasaran tentunya seseorang akan kesulitan untuk meningkatkan penjualan usahanya.

Foto : Ilustrasi
Dalam membangun sebuah usaha,seseorang memiliki strategi pemasaran yang berbeda-beda. Berikut adalah strategi pemasaran produk yang bisa kamu lakukan:

1. Kenali pasar atau pelanggan

Mengenali pasar adalah hal yang sangat penting untuk kamu lakukan pertama kali. Karena pasarlah yang akan memakai produk kamu. Lalu bagaimana cara mengenali pasar? Pertama, kamu harus tahu sasaran pelanggan yang akan memakai produk kamu. Misalnya kamu bergerak di bidang pakaian wanita,maka sebaiknya sasaran yang kamu bidik adalah wanita usia 15-30 tahun. Semakin kecil pasar yang kamu bidik,maka peluang untuk sukses di pasar tersebut akan semakin besar.

2. Memilih lokasi pemasaran yang tepat

Lokasi pemasaran juga menjadi hal penting dalam berbisnis.Karena dalam berbisnis, pasti seseorang memerlukan lokasi yang strategis untuk memasarkan produknya. Contohnya jika target pasar kamu adalah para mahasiswa,maka kamu harus memilih lokasi yang dekat dengan kampus tersebut. Semakin dekat lokasi kamu dengan target pasar,maka akan semakin mudah orang tersebut untuk menjangkau produk kamu. 

3. Manfaatkan media sosial

Di zaman yang serba canggih ini hampir semua orang sudah mempunyai media sosial seperti Facebook,Instagram dan Twitter. Kamu bisa memasarkan produk kamu lewat pemasangan iklan di beberapa media sosial tersebut. Hal ini bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk memasarkan sebuah produk. Mengapa demikian? Karena melalui media sosial, kamu bisa menjangkau banyak pemirsa dengan waktu yang sangat cepat, dan kemudahan interaksi dengan banyak pelanggan diluar sana. Semakin banyak orang yang melihat produk kamu,maka potensi pelanggan yang kamu dapatkan juga akan semakin besar.

4. Menawarkan promo yang menarik

Saat sekarang ini banyak orang yang menyukai adanya promo. Misalnya “Buy One Get One Free”, mendengarnya saja kita tentu saja sudah tertarik. Disini kamu juga harus memperhitungkan untung dan ruginya. Jangan malah membuat kamu menjadi semakin rugi. Dengan adanya promo,seseorang yang awalnya tertarik kemungkinan bisa tertarik dengan produk kamu, dan dari yang awalnya hanya mencoba-coba, bisa menjadi pelanggan tetap dalam bisnis yang kamu jalani.

5. Mengikuti tren atau perkembangan zaman

Suatu produk akan dikatakan menjadi tren, jika menjadi pusat perhatian, pusat pembicaraan serta digunakan oleh mayoritas orang dalam masyarakat.Disini kamu harus bisa selalu memberikan inovasi dengan produk yang kamu buat.Contohnya dalam bisnis pakaian,kamu jangan hanya menjual pakaian yang modelnya itu-itu saja,kamu harus bisa mengikuti tren yang ada pada saat sekarang. Jadi, orang yang membeli produk kamu juga merasa tidak bosan dengan produk yang kamu jual. [] 

Pengirim :
Windy Olivia Putri 
Mahasiwi Administrasi Keuangan dan Perbankan,Universitas Indonesia
Email : windyolivia01@gmail.com





×
Berita Terbaru Update