Notification

×

Iklan

Iklan

Apakah Junk Food Berpengaruh Terhadap Daya Ingat Remaja

Kamis, 12 Desember 2019 | Desember 12, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-12-16T04:13:06Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik
Apakah kita pernah mengalami lupa? seperti kita lupa meletakkan barang, padahal baru saja kita meletakkannya tapi kita telah lupa diimana kita meletakkannya. 


Foto : Ilustrasi
Apa saja sih  yang menyebabkan kita mudah lupa padahal kita masih muda. Apakah kita pernah berpikir bahwa junk food yang sering kita konsumsi juga sangat perpengaruh terhadap daya ingat kita. 

Dimana kalau terlalu sering mengkonsumsi junk food akan dapat menurunkan daya ingat kita. Seperti yang kita ketahui bahwa junk food atau makanan siap saji itu tidak baik untuk kesehatan kita. 

Apakah kita pernah berpikir junk food yang kita komsumsi itu bersih atau sebaliknya. Kita tidak dapat mengetahuinya secara langsung karena kita tak dapat melihat secara langsung proses pembuatannya.

Apa sih junk food itu? Kita sering mengatakan itu tapi kita sendiri tidak tahu apa junk food itu. Junk food adalah istilah informal yang diterapkan untuk beberapa makanan yang dianggap memiliki nilai gizi sedikit atau tidak ada, untuk produk dengan nilai gizi, tetapi yang juga memiliki bahan-bahan dianggap tidak sehat ketika dimakan secara teratur, atau untuk mereka yang dianggap tidak sehat untuk dikonsumsi sama sekali.

Amnesia adalah sejenis kelupaan yang  terjadi akibat adanya problem di otak (solso, 2017). Anamnesi daat disebabkan oleh penyakit {seperti alzheimer dan sindrom korsakoff}. Dapat pula diakibatkan oleh cedera traumatik di otak {trumatic brain injury}. 

Penyakit alzheimer dapat menyebebkan problem-problem memori, dan sebuah penelitian modern mengindikasikan bahwa alzhaimer kemungkinan disbabkan oleh molekul- molekul protein yang melekat secara berlebihan di glumatate, yang selanjutnya menghambat fungsi glumatate sebagai pengaktif proses-proses memori di otak {solso, 2017}. 

Sindrom korsakoff menyebabkan problem-problem memori sebagai akibat dari defesiensi seriua vitamin B1 {solso,2017} tidak menjadi rahasia lagi jika kita sering mengkonsumsi junk food akan sangat berdampak buruk terhadap kognitif otak. 

Bukan hanya untuk otak tapi juga untuk kesehatan tubuh kita. Dimana kalau kita mengkonsumsi junk food dalam kurun waktu yang terus menerus itu akan menurunkan daya ingat kita secara signifikan.  Hal ini telah dibuktikan dari penelitian yang dilakukan Asep Jalaludin Saleh dari Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.Penelitian ini dilaksanakan di kota Surakarta di SMAN 1 dan SMAN 4 Surakarta. Waktu penelitian dialaksanakan pada bulan Maret-Juni 2018.

“Mengatakan bahwa Makanan ini jika sering dikonsumsi secara terus menerus dan berlebihan akan mengakibatkan terjadinya peningkatan nilai indeks massa tubuh (kegemukan) dan penurunan fungsi kognitif,”( WHO, 2006). 

Penelitian ini menjelaskan kepada kita bahaya apa saja yang kita dapatkan jika terlalau sering mengkonsumsi  junk food. Bukan hanya untuk daya ingat tapi juga kesehatan tubuh juga sangat berpengaruh. Karena vitamin yang dikandung dalam bahan makanan tersebut telah berkurang bahkan junk food tersebut sudah tak mengandung vitamin lagi. 

Dan itu yang menyebabkan tubuh kekurangan asupan gizi dan menurunkan daya ingat kita. Karena tubuh tak mendapatkan asuapan yang cukup. Belum lagi bahan tambahan yang ada dalam junk food banyak mengandung penguat rasa yang sangat tak baik bagi tubuh dan otak kita.

Kita  tahu jika makanan siap saji itu sangat tidak baik untuk tubuh kita. Tapi tetap saja kita terus mengkonsumsi makanan tersebut. Alasannya cukup simpel yaitu karena tak mau ribet, prosesnya yang cepat dan mungkin harga yang terjangkau itu yang menjadi alasan utama mengapa kita sangat suka mengkonsumsi junk food tanpa berpikir apa akibat buruk yang terjadi pada diri kita.

Setelah kita tahu bahwa junk food itu sangat tak baik untuk kita konsumsi apakah kita akan terus menerus mengkomsunsinya? Semua kembali kepada kita jika kita sayang akan tubuh kita pasti kita akan mengurangkan mengkonsumsi junk food tersebut. 

Memang memerlukan waktu agar kita tak mengkunsi makanan tersebut. Karena itu sangat sulit untuk di hindari. Bukan kita tak boleh mengkonsumsi junk food . Kita boleh saja mengkonsumsi junk food tapi kita harus buat batasannya dan tak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya. Karna apa yang kita konsumsi akan sanagat berpengaruh pada daya ingat dan tubuh kita. Karena kita memerlukan vitamin yang cukup untuk metabolisme tubuh kita. 

Mulailah mengurangi junk food dan, mulailah makan-makanan yang sehat agar kebutuhan vitamin yang diperlukan tubuh  kita terpenuhi. Kalo kita terus menerus mengkonsumsi junk food secara berlebihan vitamin yang kita butuhkan untuk tubuh tak akan pernah terpenuhi dan akan menyebabkan masalah bagi tubuh kita dan otak kita. 

Agar daya ingat kita tak melemah dan dapat mengurangi resiko kelupaan di usia muda. Dan jangan lupa untuk menyisihkan waktu untuk berolahraga. Karna olahraga bisa meningkatkan detak jantung kita sehingga bisa memperbanyak pakosan oksigen yang ada dalam otak yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan sel-sel otak yang baru. 

Mulailah rutin berolahraga tidak usah yang berolahraga berat cukup yang ringan-ringan saja. Dan istirahat yang cukup dan jangan suka begadang karna tubuh kita sangat memerlukan istirahat yang cukup setelah lelah beraktivitas seharian penuh. Istirahat yang cukup juga sangat membantu kita dalam meningkatkan pembelajaran dan memori kita. 

Mualailah menyayangin diri sendiri, kalo bukan kita yang menyayangi diri kita sendiri siapa lagi bukan. Mulailah hidup sehat mulai sekarang dan jangan lupa untuk selalu bahagia.

Pengirim : 
Sri Atikah
Mahasiswi Semester 3 Psikologi Islam UIN Imam Bonjol Padang.
Email : sriatikah0101@gmail.com

×
Berita Terbaru Update